AKTUALITA

Transformasi Digital, Umat Islam Jangan Hanya Jadi Penonton

Bandung – Ekonomi Syariah tengah menghdapi banyak tantangan. Karenanya Masyarakat Ekonomi Syariah diharapkan mampu menjadi sumber dukungan, bagi pengembangan ekonomi syariah untuk lebih baik.

Deputi Direktur Bidang Analisis Bank Indonesia Regional Jawa Barat, Imanuddin Sahabat mengatakan, potensi ekonomi syariah masih terbuka lebar, namun banyak hal yang belum tereksplorasi secara maksimal.

“Kita bisa mulai dari perbankan saja dulu. Sebab jika diibaratkan kendaraan bank syariah saat ini sangat kekuarangan penumpang. Karena apa? Karena memang tidak disiapkan penumpangnya,” kata Imanuddin saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan Seminar Regional Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Barat, Gedung Bank Indonesia Regional Jabar, Rabu (19/02/2020).

Dalam kesempatan itu, Imanuddin juga menjelaskan, Digitalisasi Ekonomi yang dinilainya menjadi satu keniscayaan.

“Mau gak mau, suka gak suka digitalisasi akan terjadi. Perkembangan teknologi begitu cepat, umat Islam jangan hanya jadi penonton tetapi harus berupaya ambil bagian menjadi pelaku dalam pemanfaatan teknologi digital,” tegasnya

Jika para pemainnya dari lokal, kata Imanuddin, mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, tambah dia, jika para pemainnya dari luar, dan kita hanya jadi penonton, itu berbahaya.

“Karena jika hal itu terjadi dipastikan tidak akan berdampak apa-apa terhadap perekonomian maupun peningkatan kesejahteraan umat. Malahan ekonomi kita bisa-bisa selesai,” pungkasnya.***

Close